PENGERTIAN CONTROL PANEL HOSTING

NAMA : YURI MAHASIN
KELAS : XII TKJ 1



PENGERTIAN CONTROL PANEL HOSTING

   Control Panel Hosting adalah sebuah aplikasi  yang dapat dijalankan melalui browser, yang berfungsi untuk mengatur hosting, seperti membuat atau mengelola database, menginstal website, membuat email, membuat sub domain atau add on domain, dan banyak fungsi lainnya.


JENIS - JENIS CONTROL PANEL HOSTING

1. Cpanel

Cpanel merupakan sebuah kontrol panel web hosting untuk sistem operasi linux, panel ini sangat mudah digunakan apalagi untuk pemula. Agar dapat menggunakannya, anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli lisensinya, panel hosting ini memiliki tiga struktur pengguna antara lain : Administrator, reseller ( agent ) dan pengguna. panel ini bisa anda pasang pada distro Linux diantaranya Debian ( Serta Turunannya ), Red Had ( Serta Turunannya ) dan FreeBSD. selain itu Cpanel juga bisa digunakan untuk hosting multi domain.

2. Plesk

Plesk juga merupakan kontrol panel hosting berbayar yang tersedia untuk digunakan pada sistem operasi Linux, FreeBSD dan juga Windows, panel ini juga sangat mudah digunakan dalam mengadministrasi sebuah server VPS, tetapi kekurangan dari kontrol panel ini dibandingkan dengan kontrol panel lainya adalah dari segi kecepatannya, hal ini dipengaruhi oleh banyak fitur yang disediakan pada kontrol panel Plesk. Plesk juga bisa digunakan untuk menampung file – file situs yang berbeda nama domainnya dengan cara menggunakan fitur virtual host.


3. ISP Config

ISP Config adalah salah satu panel hosting yang bisa didapatkan dengan gratis. Panel VPS Linux satu ini sudah termasuk antara lain Apache, FTP, SQL, BIND DNS, Database dan Virtual Server, ISP Config juga mendukung aplikasi web server Nginx. Selain itu panel VPS Linux ini juga dilengkapi dengan fitur multilinguage. Apabila sobat komputer mempunyai VPS dengan sistem operasi Linux seperti Debian, Open Suse, Ubuntu, CentOS dan Fedora, Panel web hosting ini bisa menjadikan pilihan yang tepat. 


4. ZPanel

Zpanel juga merupakan salah satu panel hosting gratis ( Sekarang berbayar ) yang dapat digunakan untuk VPS Linux, Panel web hosting ini terbilang cukup lengkap dan juga mudah sekali digunakan. Tampilannya yang sangat simple menjadikan panel web hosting ini banyak sekali digunakan oleh banyak web master di seluruh dunia. Selain itu untuk menjalankan panel web hosting ini hanya dibutuhkan Memori RAM sekitar 50Mb sampai dengan 80 Mb saja. jadi cukup ringan sekali.


5. Sentora Panel

Web hosting control panel yang satu ini merupakan regenerasi dari Zpanel yang sudah diakuisisi oleh Hostwinds LLC. Jadi jangan heran apabila tampilannya mirip sekali dengan Zpanel. Fitur yang ada di Sentora tidak jauh beda dengan Zpanel, Beberapa fitur yang ditawarkan adalah fitur Multi Client, Quota Management, Reseller dan lain sebagainya yang sangat mendukung sekali dalam memanagement server VPS kita.


6. EHCP

Easy Hosting Control Panel merupakan panel VPS open source yang memiliki fitur tidak kalah lengkap dengan panel VPS diatas. Dan perlu diketahui bahwa EHCP merupakan panel web hosting yang pertama kali ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Beberapa fitur seperti Multi-server Dan Multi-MySQL, Auto install scripts, Automated backup/restore dan beberapa fitur lainya melengkapi panel hosting yang satu ini.


7. Virtualmin

Virtualmin merupakan salah satu control panel web hosting yang cukup populer digunakan oleh Web Master di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan fitur yang ditawarkan sangat lengkap untuk memanagement server kita. Selain itu, untuk mendapatkan kita tidak dipungut biaya alias gratis dan dalam penggunaannya juga sangatlah mudah karena tampilanya yang sangat simpel.


FUNGSI - FUNGSI CONTROL PANEL HOSTING SECARA MENYELURUH DAN SINGKAT

System and Security
Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat yang akan anda gunakan untuk melakukan sistem, administrasi, dan tugas-tugas yang berhubungan dengan keamanan.

Jaringan dan Internet
Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk memeriksa status jaringan, mengubah pengaturan, tetapkan preferensi untuk berbagi file dan komputer, mengkonfigurasi sambungan Internet, dan banyak lagi.

Hardware dan Sound
Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk menambah dan menghapus printer dan perangkat keras lain, sistem perubahan suara, AutoPlay mengkonfigurasi, mengelola kekuasaan, dan update driver.

Program
Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat yang akan anda gunakan untuk meng-uninstall program atau fitur Windows, mengelola gadget, dan banyak lagi.

User Account and Family Safety 
Merupakanfungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah pengaturan account pengguna dan password, kontrol orangtua mengatur, mengelola identitasnya, dan banyak lagi.

Penampilan dan Personalisasi
Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah tampilan desktop item, menerapkan berbagai tema desktop dan screen saver, menyesuaikan menu Start atau Taskbar, dan banyak lagi.

Clock, Language, dan Daerah
Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah tanggal, waktu, bahasa, angka, mata uang, dan banyak lagi.

Kemudahan Akses
Merupakan fungsi di dalam Control Panel yang mencangkup semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk menyesuaikan pengaturan komputer anda untuk penglihatan, pendengaran, dan mobilitas serta mengkonfigurasi pengenalan suara untuk mengontrol komputer anda dengan perintah suara.


TERIMA KASIH.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN VPS(Virtual Private Server)

PENGERTIAN DEDICATED SERVER

PENGERTIAN VPN(Virtual Private Network)